Senin, 20 Februari 2012

Korupsi, Kejahatan Kemanusian Melebihi Terorisme

HATI kita tentu miris akhir-akhir ini, melihat pemberitaan media tentang korupsi yang di lakukan pejabat negara dan politisi negeri ini. Sementara pada saat yang sama rakyat dalam kesusahan yang berkepanjangan. Bagaimana tidak, orang yang diberi kepercayaan penuh untuk memimpin negeri ini justru tirlibat dalam banyak kasus. Lingkaran kekuasaan menjadi sarang korupsi yang cukup sulit untuk dibasmi.
Coba sedikit kita konversikan korupsi dengan biaya hidup seseorang. Biaya hidup seseorang untuk satu bulan mislanya 1 juta rupiah, berarti kalau satu tahun 12  juta rupiah. Itu artinya bahwa jika mereka korupsi 12 juta, secara tidak langsung mereka telah menghilangkan nyawa seorang anak bangsa. Lalu, bagaiman dengan korupsi yang nominalnya ratusan, miliyaran dan terliunan rupiah?. Tentu ada jutaan nyawa anak bangsa melayang.

Korupsi adalah kejahatan kemanusian yang luar biasa melebehi terorisme, kejahatan korupsi semestinya di perlakukan sama dengan komploton terorisme, karena korupsi pada hakekatnya adalah menghilangkan nyawa orang secara tidak langsung (soft killer). Hukum kita kelihatanya lemah dalam menangani korupsi, undang-undang masih memberikan ruang yang luas bagi koruptor untuk melakukan korupsi. Harus ada kemauan yang kuat dari penyelenggara negara untuk memberantas korupsi, mata rantai korupsi harus segera di amputasi. Sebab hanya dengan potong generasi dalam hemat saya sedikit tidak bisa memberantasnya.

Ketika banyak penguasa negeri ini terlibat dalam skandal korupsi, maka anak-anak muda harus tampil dan menjadi garda terdepan dalam upaya memberentas korupsi, sebab rakyat masih menaruh harapan di pudak anak-anak muda. Anak-anak muda harus mampu memutus mata rantai korupsi dari diri mereke sendera, keluraga, lingkungan pergaulan, tempat kerja dan lain-lain. Sebab, Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu mau merubah dirinya sendiri.

tulisan ini juga bisa diakses di www.sumardi-siru.blogspot.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar